Pengertian Speaker & Prinsip Kerja Speaker | Toko Online Sound System

Kontak Kami

( pcs) Checkout

AMC Musik Toko Online Sound System Murah dan Berkwalitas Audio Musik Center Toko Online Sound System Murah dan Berkwalitas Aman dan Terpercaya
Beranda » Artikel Terbaru » Pengertian Speaker & Prinsip Kerja Speaker

Pengertian Speaker & Prinsip Kerja Speaker

Diposting pada 23 Februari 2019 oleh admin

AudioMandiri.Com – Kita dapat mendengarkan suara, baik suara dari televisi, radio, komputer, maupun lawan bicara kita diponsel. Semua ini karena adanya komponen Elektronika yang bernama Loudspeaker yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan Pengeras Suara ataupun biasa di sebut Speaker.

Loudspeaker atau lebih sering disingkat dengan Speaker Transduser yang dapat mengubah sinyal listrik menjadi Frekuensi Audio (sinyal suara) yang dapat didengar oleh telinga manusia dengan cara mengetarkan komponen membran pada Speaker tersebut sehingga terjadilah gelombang suara.

Perlu diketahui bahwa tidak semua suara bisa di dengar oleh manusia. Suara yang dapat didengar oleh manusia adalah bunyi atau suara yang memiliki frekuensi 20 Hz – 20.000 Hz. Timbulnya suara dikarenakan adanya fluktuasi tekanan udara yang disebabkan oleh gerakan atau getaran suatu obyek tertentu. Ketika Obyek tersebut bergerak atau bergetar, Obyek tersebut akan mengirimkan Energi Kinetik untuk partikel udara disekitarnya. Hal ini dapat di-anologi-kan seperti terjadinya gelombang pada air.

Sedangkan yang dimaksud dengan Frekuensi adalah jumlah getaran yang terjadi dalam kurun waktu satu detik. Frekuensi dipengaruhi oleh kecepatan getaran pada obyek yang menimbulkan suara, semakin cepat getarannya makin tinggi pula frekuensinya.

Lihat gambar diatas bahwa pada dasarnya speaker terdiri dari beberapa komponen utama yaitu cone, suspension, magnet permanen, voice coil dan juga kerangka speaker.

Dalam rangka menterjemahkan sinyal listrik menjadi suara yang dapat didengar, Speaker memiliki komponen Elektromagnetik yang terdiri dari Kumparan yang disebut dengan Voice Coil untuk membangkitkan medan magnet dan berinteraksi dengan Magnet Permanen sehingga menggerakan Cone Speaker maju dan mundur.

  • Voice coil adalah bagian yang bergerak
  • Magnet Permanen adalah bagian Speaker yang tetap pada posisinya. Lalu, sinyal listrik yang melewati voice coil akan menyebabkan arah medan magnet berubah secara cepat sehingga terjadi gerakan “tarik” dan “tolak” dengan magnet permanen. Dengan demikian, terjadilah getaran yang maju dan mundur pada cone speaker
  • Cone adalah komponen utama Speaker yang bergerak. Pada prinsipnya, semakin besarnya Cone semakin besar pula permukaan yang dapat menggerakan udara sehingga suara yang dihasilkan Speaker juga akan semakin besar.
  • Suspension yang terdapat dalam Speaker berfungsi untuk menarik Cone ke posisi semulanya setelah bergerak maju dan mundur. Suspension juga berfungsi sebagai pemegang Cone dan Voice Coil. Kekakuan (rigidity), komposisi dan desain Suspension sangat mempengaruhi kualitas suara Speaker itu sendiri.

Bagikan informasi tentang Pengertian Speaker & Prinsip Kerja Speaker kepada teman atau kerabat Anda.

Pengertian Speaker & Prinsip Kerja Speaker | Toko Online Sound System

Belum ada komentar untuk Pengertian Speaker & Prinsip Kerja Speaker

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 2.000.000
Ready Stock / AMC1069
STOK HABIS
Rp 4.350.000
Habis / AMC1128
*Harga WA 081275700606
Ready Stock / AMC1005

Informasi Pembayaran

  • BCA 3120636617 a.n Setyo Budi Hernowo

 

  • Mandiri 1110007623842 a.n Setyo Budi Hernowo

 

Selain Nomer Rekening Diatas Tidak  Sah.

——— SELAMAT BERBELANJA ———

Audio Musik Center

Online Store :

  1. Jln. Binuang No.32 Kampung Dalam, Pauh, Kota Padang
  2. Komplek GBA 3 Blok A12 No.4 Cipagalo, Bojong Soang, Bandung

Telp : 0812 7570 0606 – 0878 2077 0707

WA : 0812 7570 0606

Email :

  • sales@audiomandiri.com
  • tyo@audiomandiri.com

 

SIDEBAR